Selasa, 20 Maret 2012

Taqwa


Pengertian Taqwa

Taqwa ialah hati-hati, ingat, awas, menjaga diri, akar katanya yaitu wiqayah. Dalam Al Quran terdapat kira-kira 227 ayat yang mengandung kata wiqayah tersebut. Jadi hamper 4 % isi Al Quran mengandung kata taqwa, sungguh betapa pentingnya umat islam diperintahkan oleh Allah agar bertaqwa. Dan pada khutbah jumat, sang khatib diwajibkan untuk menyerukan agar umat islam bertaqwa kepada ALLAH SWT. Sungguh Allah Maha Segala Tau apa yang manusia perbuat dan pikirkan.


Korelasi Keimanan Dan Ketakwaan

Sedangkan dalam Korelasi iman dan taqwa sendiri disebutkan tidak jauh dengan istilah Tauhid. Keimanan pada keesaan Allah yang dikenal dengan istilah tauhid yang  dibagi menjadi dua, yaitu tanhid teoritis dan tauhid praktis.
1.                          Tauhid Teoritis adalah tauhid yang membahas tentang keesaan Zat, keesaan sifat, dan keesaan perbuatan Tuhan. Konsekuensi logis tauhid toeritis adalah pengakuan yang ikhlas bahwa Allah adalah satu-satunya wujud mutlak, yang menjadi sumber semua wujud.
2.                          Tauhid praktis yang disebut juga tauhid ibadah, berhubungan dengan amal ibadah manusia. Tauhid praktis merupakan terapan dari tauhid teoritis. Tauhid ibadah adalah ketaatan hanya kepada Allah. Dengan kata lain, tidak ada yang disembah selain Allah. Dalam pandangan islam yang  dimaksud dengan tauhid sempurna adalah tauhid yang tercemin dalam ibadah dan dalam perbutan praktis kehidupan manusia sehari-hari. Dengan kata lain harus ada kesatuan dan keharmonisan tauhid teoritis dan tauhid praktis dalam diri dan dalam kehidupan sehari-hari secara murni dan konsekuen.
Dalam menegakkan tauhid seseorang harus menyatukan iman dan amal,kosep dan pelaksanaan, fikiran dan perbutan serta teks dan konteks. Dengan demikian bertauhid adalah mengesakan Tuhan dalam pengertian yakin dan percaya lepada Allah melalui pikiran, membenarkan dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dengan perbuatan. Oleh karena itu seseorang baru dinyatakan meriman dan bertaqwa, apabila sudah mengucapkan asyhadu allaa ailaaha illa alah, (Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah), kemudian diikuti dengan mengamalkan semua perintah Allah dan meninggalkan segala larangan-Nya.
Dalam bagan akan dijelaskan hubungannya sebagai berikut :


TAQWA


IKHLAS


IHSAN

SHALAT
ZAKAT
PUASA
HAJI
TAHARAH
IKRAR KEYAKINAN
RUKUN IMAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar